Pantai Punai

PANTAI PUNAI

Pantai Punai Belitung merupakan salah satu pantai yang terletak di bagian ujung selatan Pulau Belitung dan tepatnya di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Pantai Punai menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, terutama saat senja tiba. Anda bisa menyaksikan panorama matahari tenggelam di balik laut lepas. Cahaya kuning keemasan menyinari air laut yang jernih menambah eksotisme Pantai Punai. Pantai Punai dapat dicapai dari pusat kota Tanjungpandan yang berjarak sekitar 93 km yang dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan melalui jalan darat. Nama Pantai Punai sendiri sebenarnya berasal dari salah satu nama jenis burung yang banyak hidup bebas di pepohonan hijau yang ada di kawasan wisata pantai ini. Nama burung tersebut yaitu Burung Punai. Pantai berpasir putih yang masih sangat alami ini memiliki bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai dari ukuran yang besar hingga kecil dan air laut yang biru jernih serta nyiur yang melambai di sepanjang pantai. Tempat ini memang tidak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasana di sini benar-benar sepi, kecuali di akhir pekan, anda mungkin bisa menemui beberapa pengunjung. Di depan pantai ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut, anda bisa berjalan kaki ke Pulau Punai ini, yang dulunya terkenal dengan banyak burung punai. Memang mayoritas  hampir semua pantai yang ada di Pulau Belitung ini memiliki pantai berpasir putih dan bebatuan granit. Selain itu kontur pasir pantai yang landai, ombak yang tenang, serta air laut yang jernih dan bersih menjadikan pantai ini dapat dijadikan tempat bagi anda yang ingin berenang. Pemandangan alam di Pantai Punai ini masih terasa alami dan sangat indah, di pagi hari  anda dapat menyaksikan para nelayan lokal yang pulang melaut dengan berbagai macam hasil tangkapannya. Anda yang suka dengan makanan laut, saatnya anda berburu atau membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Tentunya semua ikan tersebut masih segar-segar karena ikan-ikan tersebut hasil tangkapan nelayan pada malam hari. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur. Di kawasan wisata pantai Belitung ini, ada beberapa cottage yang tersedia. Tarifnya pun tidak terlalu mahal.Fasilitas yang diberikan cukup memadai, tersedia  AC, Televisi, kipas angin, air galon kemasan plus dispenser, kompor gas, rek piring hingga piring dan gelas. Mengingat peralatan masak yang disediakan cukup lengkap, anda pun bisa memasak sendiri hasil laut yang ada beli dari nelayan pada pagi hari. Untuk menikmati eksotisme Pantai Punai ini, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000/orang.

TIPS BERWISATA

  1. Dari pusat kota Tanjung Pandan, Anda dapat menggunakan kendaraan darat baik pribadi maupun sewa untuk menuju Pantai Punai yang berjarak sekitar 95 km dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.
  2. Anda juga bisa menyewa mobil

FASILITAS

  1. Kamar bilas
  2. Toilet
  3. Cottage
  4. Tempat makan

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com

Leave a Comment