Pantai Ngurtafur

PANTAI NGURTAFUR

Buat kamu para traveller yang sudah memiliki rencana untuk meghabiskan waktu liburan kamu ke Maluku Tenggara nanti kamu wajib mampir ke Pantai Ngurtafur. Pantai yang disebut-sebut sebagai surganya di dunia setelah raja ampat ini tengah ramai diperbincangkan di social media. Maluku merupakan provinsi yang menawarkan banyak sekali keindahan alamnya. Salah satunya adalah Pantai Ngurtafur yang terletak di Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

Pantai yang satu ini juga mempunyai keistimewaan yang tidak terdapat di pantai yang lainnya yaitu hamparan pasirnya yang berwarna putih dan memanjang sepanjang 2 kilometer dari tepi Pulau Warbal ke arah laut dengan lebar kurang lebih sekitar 7 meter. Selain karena pantainya yang indah, Ngurtafur juga memiliki pasir timbul yang terhampar luas menjular ke tengah laut yang bisa kalian jamah hanya dengan berjalan kaki.

Tidak hanya unik saja, tetapi pantai ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena kalian bisa merasakan berjalan diatas lautan biru dan diatas pasir putih yang indah dan cantik dengan jarak sampai 2 km jauhnya. Salah satu keistimewaan lainnya yang dihadirkan Pantai Ngurtafur ini adalah terdapatnya banyak burung pelikan di kawasan pesisir ini.

Di Pantai Ngurtafur yang terletak di Maluku, kalian juga bisa bertemu dengan salah satu tokoh yang berada di film ‘Finding Nemo‘ yakni Burung Pelikan. Selain menikmati keindahan Pantai Ngurtafur, kalian juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lain seperti berenang, berlari di sepanjang pantai, snorkeling, mengintip puluhan burung pelikan, bertemu dengan penyu belimbing atau ‘Tabob’.

Penyu belimbing sendiri merupakan jenis penyu yang langka dan dilindungi. Keberadaannya di kawasan pantai ini dilindungi serta memiliki sebuah penangkaran yang dikelola oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Hamparan pasir putih nan lembut, biru dan jernihnya air laut yang lengkap dengan ribuan terumbu karang yang eksotik, serta tak ketinggalan pula ikan ikan cantik yang berlarian adalah gambaran nyata dari Pantai Ngurtafur.

Pantai Ngurtafur sendiri bisa dikatakan sebuah pantai yang tergolong baru. Dan berkat kemunculannya di media sosial, pantai ini kini telah naik daun dan membuat banyak Dolaners penasaran untuk bisa menginjakkan kaki di Pantai Ngurtafur ini. Pantai Ngurtafur merupakan sebuah pantai cantik yang berlokasi di Pulau Warbal, Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk menuju ke lokasi ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi udara menuju ke wilayah Tual. Dari bandara di kota Tual, perjalanan Dolaners bisa dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Debut.

Dari Pelabuhan Debut, Dolaners bisa langsung menuju ke Pantai Ngurtafur dengan menyewa kapal motor. Biaya sewa berbeda-beda tergantung kesepakatan. Biasanya harga sewa sekitar Rp. 700.000,- hingga Rp 1.000.000,- untuk pulang-pergi (PP) dengan kapasitas kapal dapat mengangkut sebanyak lima belas penumpang dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan. Harga diatas bukan harga patokan, jika Dolaners pandai menawar, maka bisa jadi akan mendapatkan harga lebih murah.

TIPS BERWISATA

  1. Untuk bisa sampai ke Kepulauan Kei, kamu harus mengambil penerbangan dari Ambon menuju ke Tual dengan jarak tempuh yang kurang lebih 1,5 jam.
  2. Jika ingin menuju pantai Ngurtafur, sebaiknya kamu menyewa kapal motor dari Pelabuhan Debut dan akan dikenakan biaya sebesar Rp700.000 hingga Rp1jt an untuk tarif pulang pergi, dan kapal ini bisa menampung kapasitas 15 orang.
  3. Jangan lupa untuk membawa makanan sendiri jika ingin berkunjung ke Pantai Ngurtafur, karena di sini belum menyediakan restoran atau bahkan tempat makan didaerah sekitar.
  4. Kalau kamu ingin menginap, carilah penginapan yang dekat dengan area Pantai Ngurbloat atau Pantai Ngursamadan dan kamu cukup mengeluarkan kocek mulai dari Rp150.000 per malamnya.
  5. Daftar penginapan yang bisa kamu hubungi di sekitaran Pantai Ngurtafur, Homestay Evalin di Pantai Ngurbloat, Ngilngof kemudian ada Philips Homestay di Pantai Ngursamadan, Ohoililir dan yang terakhir kamu bisa mencoba untuk menginap di Coaster Cottage yang masih sama berlokasi di Ngursamadan, Oholilir.

FASILITAS

  1. Pantai Ngurtafur memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di bulan April hingga Mei serta antara bulan Oktober hingga Desember. Hal ini dikarenakan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung tenang.
  2. Bila akan berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa bekal makanan maupun minuman, karena Anda tidak akan menjumpai warung makan di kawasan pantai ini. Namun bila Anda ingin menginap, Anda bisa mengunjungi ke beberapa penginapan yang ada di sekitar kawasan Pantai Ngurbloat.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Terbaru
Tagline