Pulau Bair

PULAU BAIR

MALUKU memiliki Pulau Kei yang selama ini telah dikenal karena keindahannya. Namun selain Pulau Kei, Maluku juga memiliki sejumlah pulau dan pantai cantik yang masih tersembunyi. Tak heran jika Maluku menjadi destinasi favorit untuk para pencinta wisata bahari. Menyeberang dari Pulau Kei, Anda bisa menemukan Pulau Bair yang pesonanya tak kalah indah. Bahkan, pulau ini disebut-sebut sebagai versi mininya Raja Ampat dari Maluku.

Tak percaya? Anda bisa melihat keindahannya dari warna perairan yang pirus dan tebing-tebing batu yang menjulang mengelilingi pulau. Bukit-bukit di tengah perairan yang tertutup tumbuhan hijau mengingatkan pada bukit-bukit kecil di Kepulauan Raja Ampat. Pulau Bair terletak di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan dari Tual menuju Desa Dullah selama 30 menit. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menyeberang dari Dermaga Dullah menggunakan perahu cepat selama 1 jam. Selama perjalanan laut itu, Anda akan dimanjakan dengan perairannya yang berwarna hijau toska dan jernih. Anda juga bisa menyaksikan pohon-pohon bakau yang mengelilingi pulau. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat anak-anak hiu jenis blacpit yang hidup di perairan ini.

Anda juga dapat melihat Pulau Adrenan yang memiliki keindahan dengan pasir putih nan lembut. Pulau Bair sendiri dikelilingi tebing batu yang menjulang, membuatnya terlihat begitu indah. Saat air surut, pantai dengan pasir putih akan terlihat jelas di pulau ini. Keunikan pulau ini adalah adanya dua teluk dengan air laut yang bening biru kehijauan, dengan keindahan taman laut di dasarnya yang dapat kita lihat dari permukaan.

Terdapat berbagai macam jenis bakau dan tebing-tebing berbatu yang tinggi di pulau tersebut. Hal ini merupakan pemandangan yang pertama kali akan dinikmati para pengunjung begitu mereka tiba di Pulau Bair. Jika kita berjalan sedikit menuju perairan, kita akan melihat teluk yang diapit dua buah tebing batu yang besar dan indah. Keunikan lain dari pulau ini adalah jika air laut dalam keadaan surut, kita dapat melihat beberapa pantai yang dapat kita datangi dengan berjalan kaki.

Namun jika sedang pasang, keindahan pemandangan lautnya yang tenang dan jernih juga dapat membuat kita terpesona. Jika beruntung, Anda akan bertemu dengan anak-anak hiu Blacktip, yang terdapat di sana. Datanglah pada bulan Maret hingga Agustus, saat perairan cukup tenang dan cuaca bagus. Karena di atas Agustus, curah hujan cenderung lebih tinggi.

Anda bisa menyewa perahu penduduk sekitar dan menyusuri perairan pirus yang tak akan didapatkan di tempat lain. Sensasi menyusuri perairan dengan santai dan melihat pemandangan sekitar akan menjadikannya sebagai pengalaman tak terlupakan dalam hidup. Anda juga bisa menyusuri lorong mati, yaitu sebuah lorong perairan yang sempit diapit oleh dua bukit batu menjulang. Ini juga merupakan salah satu spot foto terbaik di Pulau Bair. Selain menyusuri perairan, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, menyelam, hingga berjemur dan menikmati waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

TIPS BERWISATA

  1. Membawa sunblock
  2. Membawa makanan
  3. Membawa minuman
  4. Membawa obat-obatan
  5. Membawa sandal jepit
  6. Membawa kacamata hitam
  7. Membawa peralatan mandi

FASILITAS

  1. Toilet
  2. Tempat makan
  3. Kamar ganti
  4. Untuk sementara pemerintah Kota Tual tidak akan membangun villa atau penginapan di sana, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kealamian pulau tersebut

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Terbaru
Tagline