Pulau Kera

PULAU KERA

Sudah tidak asing lagi bahwa bagian timur Indonesia adalah harta karun bagi para pecinta alam. Terkenal dengan banyaknya tempat wisata dan pantai yang belum tersentuh, membuat bagian timur di kagumi oleh para wisatawan, baik luar maupun dalam negeri. Pulau Kera salah satu pulau yang berada di daerah timur, tepatnya dekat dengan kota Kupang.

Untuk mencapai ke pulau ini kita hanya perlu menyeberangi Kota Kupang menggunakan kapal penduduk sekitar. Pulau ini mungkin tidak seterkenal Pulau yang sering menjadi tujuan wisata turis khususnya wisatawan Indonesia namun pesona Pulau Kera tidak kalah cantiknya. Paling tidak Pulau ini masuk kedalam salah satu top list Pulau Cantik.

Saat kali pertama dengar “Pulau Kera” mungkin kalian kira akan banyak monyet di pulau tersebut. Pulau Kera bukan berarti Pulau Monyet. Tidak ada satupun kera di pulau ini, namun nama ini berasal dari Kata “Kerang” namun lama-lama huruf “ng” hilang sehingga menjadi “kera”, bisa saja karena pengaruh penyebutan penghuni Pulau Suku Bajo yang sering menyebut “ng” menjadi “n”.

Pulau ini hanya dihuni tidak lebih dari 100 orang kepala keluarga. Rumah di pulau ini sangatlah sedehana, hanya dengan tiang dan penutup seadanya yang mirip gubuk. Penduduk Pulau Kera sangat ramah kepada pendatang. Karenanya anda disarankan untuk membawa makanan untuk di konsumsi dan di berikan kepada penduduk sekitar. Pasalnya, penduduk Pulau ini hidup dengan sederhana sekali. Pantai di pulau ini cukup landai dan dangkal.

bagi para wisatawan dapat melakukan kegiatan yang cukup asyik seperti Diving, snorkeling ataupun memancing. Beberapa spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset juga ada di pulau ini. meskipun nama pulaunya pulau kera namun, disini tidak terdapat kera. Pulau ini terkenal mempunyai hamparan pantai dengan pasir seputih salju. Keindahannya bahkan bisa terlihat dari seberang lautan.

Pasir putihnya berkilau indah dan mengundang anda untuk mendekat. Ombaknya pun tenang, jadi anda bisa bermain sepuasnya di bibir pantai, berjemur, bermain ombak atau pasir, juga memiliki berbagai jenis ikan karang, terumbu karang, dan pemandangan laut yang sangat indah sambil menikmati keramahan penduduk pulau Kera. Pulau ini adalah surga yang keindahannya begitu mempesona.

Tempat ini bisa jadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin refreshing, kepas dari rutinitas aktivitas harian.  Pulau kera juga bisa menjadi tempat wisata yang patut di perkenalkan kepada wisatawan dalam maupun luar negeri. Pantai disini memiliki warna biru yang sangat jernih dan baik untuk melakukan berenang dan berendam.

untuk mencapai pulau kera tinggal menyeberangi pulau dengan kapal dari kota kupang. pulau ini hanya di huni tidak lebih dari 100 kepala keluarga. di pantai pulau ini juga banyak terdapat terumbu karang dan keindahan pantai lainnya. disini terdapat ombak juga.

TIPS BERWISATA

  1. Pulau Kera bisa diakses melalui kota Kupang.
  2. Satu-satunya sarana transportasi menuju ke pulau ini adalah dengan menggunakan perahu.
  3. Rutenya adalah dari pusat kota Kupang, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Oeba, Kupang. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Kera. Waktu tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan.
  4. Sebaiknya Anda melakukan perjalanan di pagi hari karena perahu nelayan yang menuju ke Pulau Kera biasanya hanya ada di waktu tersebut. disini anda juga dapat menginap

FASILITAS

  1. Toilet
  2. Terdapat beberapa rumah yang bisa untuk menginap.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Terbaru
Tagline