Benteng Tolukko

BENTENG TOLUKKO

Benteng Tolukko berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate. Benteng ini merupakan peninggalan Bangsa Portugis yang pernah berkuasa di Ternate pada abad ke-15. Benteng ini dibangun dengan batu karang yang kokoh, Benteng ini disebut benteng Toloko karena terletak persis di daerah yang bernama Toloko, kelurahan Sangaji.

Benteng Tolluco ini juga disebut dengan benteng Holandia atau Benteng Santa Lucas.Benteng Tolucco dibangun pada tahun 1512 oleh Fransisco Serao setelah Kesultanan Ternate berdiri. Dibangun kembali oleh Schot pada tahun 1606. Pada tahun 1610 direnovasi oleh Pieter Both yang berkebangsaan Belanda. Sultan Ternate, Mandarsyah pernah menempati benteng ini pada tahun 1661 dengan 160pasukan. Banyak orang yang heran akan bentuk dari benteng ini. Bentuk benteng yang terhitung “aneh” menjadi salah satu ciri khas benteng ini.

Dilihat dari depan, bangunan Benteng Toloko terlihat cukup megah karna berada pada posisi tanah yang lebih tinggi. Benteng ini memiliki tiga buah bastion (kubu pertahanan). Untuk menuju ke atas benteng kita akan melewati sebuah lorong sempit yang hanya muat dilalui dua orang. Itu pun sudah sangat mepet.

Bagian atas benteng ini berbentuk persegi empat. Ada juga sebuah ruangan bawah tanah yang dulu difungsikan untuk menyimpan amunisi perang. Untuk memasuki ruangan bawah tanah tersebut terdapat sebuah tangga terbuka yang bisa dilewati siapa saja. Uniknya benteng ini berada di ketinggian sehingga anda dapat melihat seluruh kota ternate, laut pualu tidore maitara dan pulau halmahera yang begitu indah. Benteng memiliki keindahan yang unik yang membuat banyak orang yang ingin berkunjung ke tempat ini, mereka memanfaat keindahan benteng untuk berfoto.

TIPS BERWISATA

  1. Ojek : anda bisa menggunakan ojek konvensional karna belum ada ojek online
  2. Angkot : bisa juga menggunakan angkot.
  3. Sebaiknya anda membawa air untuk  minum pada saat ke benteng toluko,karna tidak ada warung maupun tempat makan di sekitarnya, kecuali di luar dari benteng.

FASILITAS

  1. Toilet : mungkin ada yang rasa buang air kecil atau besar tersedia juga toilet
  2. Mushola : tersedia juga mushola bagi yang mau sholat.
  3. Parkiran : yang bawa kendaraan roda dua maupun roda empat, tersedia juga parkirannya.

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Terbaru
Tagline